Ini alasan lengkap mengapa Indonesia sulit berkembang menjadi negara maju, padahala alam kita sangatlah kaya dibanding negara-negara maju

Gambar: Kemiskinan

Disini tidak pro politik bagi siapapun partai yang ada di negeri ini. Semua tulisan ini hanya pengamatan dan analisa bagi penulis ini yah dari beberapa info yang tersedia.

Ada banyak faktor yang menyebabkan INdonesia sulit berkembang menjadi negara maju, diantaranya adalah:

1. Ada "oknum-oknum" yang memang tidak mau Rakyat Indonesia maju dan berkembang. Negara Indonesia punya peluang dan potensi yang besar sumberdaya alam yang sangat kaya dan menjadi daya tarik bagi "pihak-pihak" diluar sana. Kalau rakyatnya maju, sumberdaya alam akan dikelola kita sendiri sehingga export semakin mahal.

2. "Oknum-oknum" ini akan mengupayakan berbagai macam cara seperti mendanai orang ataupun utusan yang berpihak kepada mereka agar mau menjadi pejabat dan memimpin pemerintahan ini.

3. Hukuman bagi para koruptor di negeri ini masih ringan. KArena mereka yang korupsi adalah orang titipan atau utusan dari "oknum-oknum" itu. Jadi mereka akan mengusahakan agar hukuman koruptor ringan.

4. Negaranya akan dijebak oleh sistem utang yang disebut dengan "Debt Trap". Karena dengan banyaknya utang, maka tingkat kemandirian dan kedaulatan suatu negara akan perlahan berkurang.

5. Pendidikan kurang diprioritaskan, Sekolah banyak yang tidak layak, gaji guru kecil. Ini bagus bagi para oknum oknum tersebut karena rendahnya pendidikan membuat rakyat bodoh, sehingga makin mudah mengeruk dan menjarah sumber daya alam di negara kita.

6. Rakyatnya sengaja dibuat "malas" dengan banyaknya tontonan dan hiburan yang berpotensi mengurangi nasionalisme.

7. Pangan sengaja dibuat susah, agar impor makin banyak dan utang makin banyak. Juga banyak rakyat kelaparan. Rakyat yang kelaparan akan mudah dibeli suaranya saat pemilu, sehingga orang atau utusan dan orang titipan dari "oknum-oknum" ini mudah dapat jabatan di posisi strategis.

8. Orang-orang hebat yang ingin berjuang memakmurkan Indonesia, Jika mereka mengusik oknum-oknum ini, maka mereka akan dibungkam, dijatuhkan nama baiknya, dipersulit bisnis dan karirnya, hingga dipenjarakan9. Lebih suka mengandalkan pihak asing daripada memperdayakan rakyat sendiri.

9. Adapun dari faktor internal seperti:

-Pungutan liar dan budaya premanisme

-Mudah terprovokasi tanpa melihat fakta dan data

-Etos kerja kurang

-Sogok-menyogok didalam urusan apapun

-Nepotisme

-Sanitasi dan kebersihan kurang

-Tingginya tingkat kekerasan dan pelecehan pada anak perempuan

-Mudah menghakimi orang lain jika dianggap tidak sesuai dengan pandangannya sendiri

-Melanggar aturan dasar, seperti tidak menaati peraturan lalu lintas dan buang sampah sembarangan

-Masih sering rasis

Dan yang terpenting dari semua itu, kita butuh kesadaran juga diri kita sendiri untuk selalu berkembang, belajar, dan berusaha. 

Semangat Indonesiaku majulah negaraku